Sindrom Penglihatan Ini Bisa Kacaukan Kinerja Karyawan


Bagi semua pekerja kantoran, gangguan penglihatan ini sangat barangkali tanpa disadari mereka alami. Computer Vision Syndrome (CVS - Sindrom Penglihatan Komputer) ialah gangguan kesehatan yang ternyata memengaruhi 90 persen orang yang bekerja minimal tiga jam di depan komputer atau gawai lainnya.

Pandangan kabur, mata lelah, leher kaku, sakit kepala, semuanya ialah simtom dari CVS. Ini terjadi sebab ketika anda menatap layar komputer atau gawai dalam masa-masa lama, otot-otot di mata mesti "bekerja lembur".

"Dan laksana otot lain, andai terus digunakan, mereka dapat rusak," ujar James Stringham, PhD, profesor penelitian di University of Georgia, melansir Reader's Digest.

Mengingat zaman sekarang banyak sekali pekerjaan melibatkan komputer, apa yang dapat dilakukan oleh semua pegawai?

Untungnya penelitian telah menemukan, mengubah sejumlah kebiasaan hariandapat menurunkan risiko ketegangan pada mata, sekaligus membetulkan penglihatan secara instan.

1. Makan Sayuran Hijau

Ternyata, santap sayuran hijau laksana bayam, kale, dan brokoli tidakmelulu menyuplai tubuh dengan vitamin A. Sayuran ini pun telah terbuktimeminimalisir risiko ketegangan mata dampak paparan digital juga.

Studi baru dari University of Georgia menunjukkan, nutrisi spesial dalam sayuran hijau, lutein dan zeaxanthin, tidak saja antioksidan dan anti-inflamasi yang manjur, mereka pun ditemukan dalam fokus tinggi sedang di belakang mata. Sehingga dapat melindungi mata dari penyampaian dan cahaya terang--termasuk dari layar digital.

Riset pun menemukan, sayuran hijau mempercepat proses pandangan, yang berujung pada masa-masa reaksi dan pemungutan keputusan yang lebih cepat.

2. Menerapkan Aturan 20-20

Walau solusi gampang untuk CVS ialah mengurangi masa-masa di depan layar, sayangnya urusan ini bukan keputusan yang masuk akal untuk beberapa orang.

"Hal tersebut bukan pilihan untuk kebanyakan dari kita, saat pekerjaan dan produktivitas bergantung pada masa-masa di depan komputer," ujar Dr. Stringham.

Solusi lainnya, andai mata mulai terasa lelah atau tengang, usahakanlah aturan 20-20 dari American Academy of Optometry. Untuk masing-masing 20 menit yang anda habiskan berkonsentrasi di depan layar, istirahatkan mata dan usahakanlah menatap ke kejauhan sekitar 20 detik.

3. Pakai Kacamata Baca

Kacamata baca yang dipasarkan bebas bukan cuma guna orang tua. Bahkan, mereka dapat melonggarkan kekakuan pada mata, tak peduli berapa juga usiamu.

"Setelah mengernyitkan mata sekitar enam atau tujuh atau delapan jam per hari, tentu ada efeknya, dan memunculkan simton mata kaku, mata lelah, dan sakit kepala," ujar Dr. Stringham.

Kacamata baca dapat memblokir cahaya layar dan menciptakan layar komputer jadi tampak lebih fokus, sehingga meminimalisir ketegangan dan kerja mata.

4. Cemil Jagung dan Paprika Oranye

Harus diingat, menciptakan piring jadi tampak seperti bianglala berkat warna-warni sayuran akan menyerahkan efek luar biasa untuk kesehatan. Di samping sayuran hiaju, jagung dan paprika oranye pun berisi level zeaxanthin yang tinggi.



Vitamin ini diisi oleh nutrisi yang dapat mengurangi iritasi mata, danmembetulkan performa penglihatan secara keseluruhan.
Sindrom Penglihatan Ini Bisa Kacaukan Kinerja Karyawan Sindrom Penglihatan Ini Bisa Kacaukan Kinerja Karyawan Reviewed by buyazen on Maret 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.