Bolehkah Memakai Kembali Minyak Zaitun untuk Memasak?


Dari bermacam type minyak sayur yang ada, minyak zaitun diketahui jadi satu diantara pilihan paling baik untuk memasak. Sama dengan umumnya minyak goreng biasanya, minyak zaitun mungkin tinggalkan dikit tersisa hingga digunakan untuk session masak seterusnya. Sebetulnya, aman ataukah tidak, sich, bila tersisa minyak zaitun digunakan lagi untuk memasak? 

Umumnya minyak goreng yang sudah digunakan untuk memasak umumnya sudah kehilangan kesegaran dan rasa alaminya. Atau dapat disebut jika kualitas minyak itu telah mulai lebih buruk sebab sudah dipakai memasak berkali-kali. 

Nah, bagaimana dengan minyak zaitun? Satu studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengutarakan jika dibanding beberapa minyak sayur yang lain, minyak zaitun terhitung mempunyai kualitas yang paling konstan. 

Ini sebab minyak zaitun dapat dibuktikan tahan pada kehancuran oksidatif, hingga mutunya bisa bertahan tambah lebih lama daripada type minyak yang lain. Ini berlainan dengan minyak goreng biasa yang seringkali berkali-kali digunakan untuk memasak, yang condong mudah teroksidasi waktu dipanaskan pada suhu tinggi. 

Hasil tersisa penggorengan minyak itu bisa membuat senyawa radikal bebas yang beresiko buat kesehatan badan. Tidak cuma hanya itu. Pemakaian minyak zaitun untuk memasak diakui baik buat kesehatan jantung. 

Masalahnya minyak yang berasal buah zaitun ini rendah kandungan asam lemak trans tetapi tinggi akan asam lemak tidak jemu tunggal. Berita baiknya , minyak zaitun nyatanya mempunyai nilai smoke poin yang tinggi, yaitu sekitar pada angka 242 derajat Celcius. 

Makin seringkali minyak dipakai untuk memasak, akan makin turun juga nilai smoke poin yang dipunyainya. Mengakibatkan, efek timbulnya senyawa beresiko akan makin besar. 

Oleh sebab nilai smoke poin minyak zaitun yang digunakan untuk memasak termasuk tinggi, karena itu minyak itu peluang aman dipakai seringkali. Ditambah lagi bila proses pemasakan dengan minyak zaitun awalnya tidak memakai api yang begitu panas. 

Dengan automatis, penurunan nilai some poin umumnya semakin lebih lamban daripada dengan memakai suhu yang benar-benar panas. Itu kenapa memakai minyak zaitun untuk memasak seringkali jadi pilihan, sebab dipandang mempunyai bahaya yang paling dikit walau sudah dipakai berkali-kali.
Bolehkah Memakai Kembali Minyak Zaitun untuk Memasak? Bolehkah Memakai Kembali Minyak Zaitun untuk Memasak? Reviewed by buyazen on Juni 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.