Apakah Beda Psikolog dan Psikiater?

Apakah-Beda-Psikolog-dan-Psikiater?
Foto dari Canva Photos Unlimited
Berkembangnya penyakit mental menjadi salah satu alasan mengapa dia profesi ini semakin laris. Tapi, tahukah Anda bahwa peran dari kedua profesi tersebut amat berbeda? Jarang orang yang mengetahui sebenarnya apa beda psikolog dan psikiater. Kalau Anda penasaran yuk kita cari tahu apa saja perbedaannya. 

Apa Itu Psikolog? 

Psikolog merupakan salah satu profesi yang berurusan dengan interaksi sosial humanis. Para psikolog bukan merupakan seorang dokter, melainkan sebuah jurusan tersendiri dalam universitas. Dalam dunia kerja mereka akan bersentuhan dengan urusan seperti psikotes, tes IQ, tes kepribadian. 

Para psikolog tidak memiliki Otoritas untuk memberi ataupun meresepkan obat bagi para pasiennya. Pada umumnya mereka akan lebih berfokus dalam urusan sosial, perilaku, emosi pasien. Urusan pengenalan sifat pada tersangka pembunuhan, penipuan hingga diagnosa psikopat secara eksplisit maupun sosiopat merupakan ranah mereka. 

Apa Itu Psikiater? 

Seorang psikiater merupakan dokter yang mengambil sekolah spesialis jurusan kejiwaan. Mereka punya ranah yang berbeda dibanding seorang psikolog. Berikut beberapa perbedaan yang mungkin dapat kita temukan

Psikiater Berhak Memberikan Obat

Seorang psikiater berhak memberikan obat kepada pasien yang datang kepada mereka. Berbeda dari psikolog fokus terapi mereka lebih ke arah klinis dan lebih empiris. 

Psikolog Hanya Mengurus Bab Sosial

Seorang psikolog hanya akan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sosial secara langsung maupun tak langsung. Hal tersebut menjadikan psikolog punya posisi penting dalam terapi metode terbuka, cair dan tak terikat urusan klinis. Hal tersebut dikarenakan seorang psikolog harus memiliki olahan dasar sosial dalam setiap kasusnya. 

Jenis Terapi yang Berbeda

Terapi yang berikan oleh seorang psikolog merupakan sosio terapi, yang mana tak membutuhkan obat melainkan lebih ke pendekatan ataupun pengenalan terhadap diri. Bagi psikiater terapinya berupa psikofarmakoterapi ataupun psikoterapi. 

Psikiater Punya Jangkauan kesehatan
Orang yang memiliki gangguan pada kejiwaannya akan dibawa ke psikiater bukan ke psikolog. Hal tersebut dikarenakan seorang psikiater lah yang memiliki kompetensi dalam urusan kesehatan mental. 

Kini kita mengetahui apa dan bagaimana beda psikolog dan psikiater. Tapi apabila Anda berniat memeriksakan diri, yang pertama perlu Anda kunjungi adalah dokter umum. Setelah itu mereka akan memberikan rekomendasi terhadap kemana Anda mesti pergi selanjutnya. 
Apakah Beda Psikolog dan Psikiater? Apakah Beda Psikolog dan Psikiater? Reviewed by buyazen on Februari 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.