Perbedaan Panel Surya Dengan Sel Surya


Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang dikaruniai matahari sepanjang tahun. Hal ini menjadi nilai tambah karena panel surya akan jauh lebih efektif di daerah tropis. Apalagi jika ditambah dengan bahan yang tepat seperti cadmium telluride yang telah dibuktikan mampu meningkatkan penyerapan energi hingga 5% di daerah tropis!

Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.

Ya, ada literatur yang menggunakan istilah solar panel atau panel surya dan solar cell atau sel surya secara bergantian. Lantas kamu bertanya, “Apa bedanya panel surya dan sel surya?”

Menariknya, sel surya adalah ‘inti’ dari panel surya. Sel surya yang disusun berjajar sedemikian rupa disebut dengan panel surya, seperti yang kamu lihat pada lampu di jalan atau pun atap rumah. Pernah lihat ruas persegi panjang di kalkulator? Tanpa kamu sadari, ruas tersebut disebut sel surya juga, lho!

Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan. Semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Jumlah sel surya untuk penggunaan industri tentu berbeda dari sel surya untuk rumah.

Sel surya sendiri terbuat dari berbagai material berbeda dengan efektivitas yang berbeda juga. Untuk memahami material penyusun panel surya, tidak ada salahnya kamu mengunjungi tulisan ini: Ragam Panel Surya Berdasarkan Jenis Material Penyusunnya

Sel surya merupakan ‘ruang kerja’ untuk mengubah energi yang berada di dalam panel surya. Jadi ketika kamu membaca ‘sel surya’, pada umumnya merujuk pada bagaimana aktivitas konversi energi. Contohnya adalah bagaimana foton dari energi matahari diserap dan diurai untuk menjadi elektron, sehingga muncul listrik yang dapat kamu gunakan.

Sedangkan panel surya adalah kumpulan sel surya dan merujuk pada penggunaannya secara keseluruhan, seperti penggunaan panel surya pada atap rumah kamu. Gunakan Kalkulator Surya jika Kamu ingin mengetahui kebutuhan panel surya untuk atap rumah mu! Jika tertarik ingin pasang solar panel dapat menghubungi sewatama yang sudah pasti memiliki keahlian dibidang solar panel.

Perbedaan Panel Surya Dengan Sel Surya Perbedaan Panel Surya Dengan Sel Surya Reviewed by buyazen on Oktober 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.